Kontribusi kemampuan shalat berjama‘ah dan kecerdasan spiritual terhadap kedisiplinan siswa SMP Negeri 16 Takengon
Main Author: | Sutarni, Sutarni |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/1832/1/tesis%20Sutarni.pdf http://repository.uinsu.ac.id/1832/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi kemampuan shalat berjama‘ah terhadap kedisiplinan siswa SMP Negeri 16 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. (2) kontribusi kecerdasan spiritual terhadap kedisiplinan siswa SMP Negeri 16 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. (3) kontribusi kemampuan shalat berjama‘ah dan kecerdasan spiritual terhadap kedisiplinan siswa SMP Negeri 16 Takengon Kabupaten Aceh Tengah Kabupaten Aceh Tengah. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas II (dua) SMP Negeri 16 Takengon Kabupaten Aceh Tengah yang berjumlah 97 orang. Sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah tes dan angket (kuisioner) dengan menggunakan teknik analisis statistik. Analisis statistik dilakukan dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for The Social Sciences versi 17.00) dan analisis statistik manual. Dari hasil pengujian statistik menemukan: (1) Kontribusi kemampuan shalat berjama‘ah (X1) terhadap kedisiplinan siswa SMP Negeri 16 Takengon (Y) sebesar 13.00%. (2) Kontribusi kecerdasan spiritual (X2) terhadap terhadap kedisiplinan siswa SMP Negeri 16 Takengon (Y) sebesar 9,90%. (3) Kontribusi kemampuan shalat berjama‘ah dan kecerdasan spiritual terhadap kedisiplinan siswa SMP Negeri 16 Takengon (Y) sebesar 22.90%, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kemampuan shalat berjama‘ah dan kecerdasan spiritual maka semakin tinggi tingkat kedisiplinan siswa. Namun sebaliknya, apabila rendah tingkat kemampuan shalat berjama‘ah dan kecerdasan spiritual, maka semakin rendah tingkat kedisiplinan siswa.