Manajemen kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan
Main Author: | Fahri, Muhammad |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/1743/1/tesis%20Mhammad%20Fahri.pdf http://repository.uinsu.ac.id/1743/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Manajemen Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan rencana dan pengawasannya dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisa kualitatif dengan proses reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Ada empat temuan dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Perencanaan pada lokasi penelitian ini berjalan melalui proses komunikasi yang berkesinambungan antara pimpinan dan bawahannya. Kepala Madrasah dan guru bekerjasama untuk saling berbagi informasi mengenai perkembangan kerja selama setahun terakhir, hambatan dan permasalahan yang mungkin timbul, solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah, dan bagaimana Kepala Madrasah dapat membantu guru. Kedua, Pengorganisasian manajemen kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan, Kepala Madrasah memberikan wewenang kepada Wakil Kepala Madrasah untuk melakukan supervisi terhadap guru-guru yang ada dalam melaksanakan tugas yang telah ditetapkan dalam rencana. Ketiga, Pelaksanaan rencana dalam penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan-pendekatan khusus, baik berupa bimbingan maupun nasehat-nasehat yang memberikan pencerahan dan kesadaran, sehingga para guru tidak merasa terintimidasi oleh Kepala Madrasah dan Wakil. Keempat, Pelaksanaan manajemen kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan yang dilakukan oleh Wakil Kepala Madrasah diawasi langsung oleh Kepala Madrasah dengan melakukan cross check kembali serta memberikan bimbingan dan arahan untuk dilakukan perbaikan-perbaikan.