Pengaruh strategi pembelajaran praktik berpasangan (practice-rehearsal pairs) dan konsep diri terhadap hasil belajar Alquran Hadis (Studi eksperimen pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat)
Main Author: | Dahlan, Zaini |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/1735/1/Tesis%20Dahlan.pdf http://repository.uinsu.ac.id/1735/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Alquran Hadis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran praktik berpasangan (practice-rehearsal pairs) dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Alquran Hadis siswa yang memiliki konsep diri tinggi dengan siswa yang memiliki konsep diri rendah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya interaksi strategi pembelajaran praktik berpasangan (practice-rehearsal pairs) dan konsep diri terhadap hasil belajar Alquran Hadis siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Populasi berjumlah 79 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 79 orang yang terdiri dari 38 orang kelas VIII B yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran praktik berpasangan (practice-rehearsal pairs) dan 41 orang kelas VIII A yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Tes konsep diri dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki konsep diri tinggi dan siswa yang memiliki konsep diri rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Alquran Hadis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran praktik berpasangan (practice rehearsal-pairs) dan strategi pembelajaran ekspositori di mana hasil belajar Alquran Hadis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran praktik berpasangan (practice rehearsal-pairs) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Alquran Hadis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dengan hasil pengujian Fhitung = 4.19 > Ftabel = 3.99 pada taraf signifikansi α = 0,05. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Alquran Hadis siswa yang memiliki konsep diri tinggi dan konsep diri rendah di mana hasil belajar Alquran Hadis siswa yang memiliki konsep diri tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Alquran Hadis siswa yang memiliki konsep diri rendah dengan hasil pengujian Fhitung = 10.91 > Ftabel = 3.99 pada taraf signifikansi α = 0,05. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan konsep diri dalam mempengaruhi hasil belajar Alquran Hadis dengan hasil pengujian Fhitung = 5.12 > Ftabel = 3.99 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran praktik berpasangan (practice rehearsal-pairs) lebih tepat daripada strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar siswa, pada siswa yang memiliki konsep diri tinggi akan memperoleh hasil yang lebih baik daripada siswa yang memiliki konsep diri rendah.