Pengaruh model quantum teaching dan kepribadian disiplin terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar Islam terpadu Siti Hajar Medan ( Studi Eksperimen pada Siswa Kelas 4 SDIT Siti Hajar Medan )

Main Author: Ali, Rahmadi
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1724/1/Tesis%20Rahmadi%20Ali.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1724/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Quantum teaching dan kepribadian disiplin terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam . penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2 dan dilakukan pada Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Siti Hajar Medan Kec. Medan Tuntungan dengan sampel sebanyak 52 orang. Hasil penelitian ini adalah : (1) Hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diajarkan dengan model quantum teaching lebih tinggi daripada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diajar dengan strategi ekspositori ; (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memiliki kedisiplinan tinggi yang diajar dengan model quantum teaching lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi ekspositori yang memiliki kedisiplinan tinggi; (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memiliki kedisiplinan rendah yang diajar dengan model quantum teaching sama dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diajar dengan strategi ekspositori yang memiliki kedisiplinan rendah; (4) terdapat interaksi antara Model Pembelajaran dengan kepribadian Disiplin terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kepribadian Disiplin dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.