Manajemen pembelajaran tahfiz alquran di sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Hijrah 2 Deli Serdang
Main Author: | Darwis, Darwis |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/1714/1/TESIS.Darwis.pdf http://repository.uinsu.ac.id/1714/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi Manajemen Pembelajaran Tahfiz Alquran di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Hijrah 2 Deli Serdang, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan rencana dan pengawasannya dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisa kualitatif dengan proses reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Ada empat temuan dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Perencanaan pembelajaran tahfiz Alquran pada lokasi penelitian ini berjalan melalui proses musyawarah yang melibatkan pihak-pihak yang ada dalam proses perencanaannya. Ada pun rencana yang dihasilkan dari rapat tersebut adalah: Menentukan kordinator tahfiz dan mengelompokkan guru-guru dalam pembelajaran tahfiz; target tahfiz bagi siswa yang akan tamat, yaitu 3 juz terdiri dari juz 28, 29 dan 30; pengelompokkan siswa berdasarkan kelas atau tingkatannya; pengelompokkan surah-surah pada ketiga juz tersebut; merencanakan metode pembelajaran tahfiz dan; melakukan supervisi dan evaluasi. Kedua, Pengorganisasian pembelajaran tahfiz Alquran yang ditetapkan didukung manajemen sekolah yang berusaha membagi tugas kepada Kepala Sekolah, Pembantu Kepala Sekolah dan Koordinator Tahfiz. Ketiga, Pelaksanaan rencana dalam penelitian ini dilaksanakan dengan pembagian kelompok tahfiz berdasarkan tingkatan hafalan. Keempat, Pelaksanaan pembelajaran tahfiz Alquran yang dilakukan oleh kordinator diawasi langsung oleh Kepala Sekolah dengan melakukan cross check kembali serta memberikan bimbingan dan arahan untuk dilakukan perbaikan-perbaikan.