Implementasi program aflatoun dalam pendidikan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah Pp. Raudhatul Hasanah Medan

Main Author: Rahman, Mufiqur
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1704/1/tesis_Rahman.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1704/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan ; (1) Untuk mendeskripsikan Proses Implementasi Program Aflatoun dalam Pendidikan Karakter Siswa MTs PP. Raudhatul Hasanah Medan; (2) Untuk mendeskripsikan muatan kurikulum Aflatoun dalam Pendidikan Karakter Siswa MTs PP. Raudhatul Hasanah Medan; (3) Untuk mendeskripsikan tujuan Implementasi Program Aflatoun di MTs PP. Raudhatul Hasanah Medan; (4) Untuk mendeskripsikan Target Implementasi Program Aflatoun di MTs PP. Raudhatul Hasanah Medan; (5) Untuk mendeskripsikan Karakter apa sajakah yang menjadi target/sasaran dalam program Implementasi Program Aflatoun di MTs. PP. Raudhatul Hasanah Medan; (6) Untuk mendeskripsikan penilaian keberhasilan implementasi Program Aflatoun dalam Pendidikan Karakter siswa MTs PP. Raudhatul Hasanah Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, di mana data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Proses implementasi Program Aflatoun dalam pendidikan karakter siswa MTs. PP. Raudhatul Hasanah Medan disampaikan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Sementara pelaksanaan program disampaikan dengan metode fun learning dan students oriented ; (2) Muatan kurikulum Program Aflatoun yang digunakan di MTs PP. Raudhatul Hasanah Medan adalah terdapat dalam delapan buku kerja Aflatoun; (3) Tujuan Implementasi Program Aflatoun di MTs PP. Raudhatul Hasanah Medan adalah untuk memberdayakan anak-anak melalui sebuah pendekatan berimbang terhadap pendidikan sosial dan finansial anak serta membangun pendidikan karakter dalam diri anak; (4) Target Implementasi Program Aflatoun di MTs PP. Raudhatul Hasanah Medan adalah dapat mengetahui; religiusitas; harga diri dan mengetahui keunikan, kemandirian, kejujuran, hak dan tanggung jawab, tanggung jawab sosial, toleransi/menghormati perbedaan, , dan cinta tanah air; (5) Karakter yang menjadi target/sasaran dalam program Implementasi Program Aflatoun di MTs. PP. Raudlatul Hasanah Medan yaitu; religiusitas harga diri dan mengetahui keunikan, kemandirian, kejujuran, hak dan tanggung jawab, tanggung jawab sosial, toleransi/menghormati perbedaan, dan cinta tanah air; (6) Penilaian ditekankan pada delapan nilai karakter tersebut dengan metode pengamatan atau observasi secara langsung.