Pelaksanaan komunikasi internal kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Lubuk Pakam
Main Author: | Harahap, M.Husin |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/1699/1/Tesis%20M.%20Husiin.pdf http://repository.uinsu.ac.id/1699/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana pelaksanaan komunikasi internal kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Lubuk Pakam, komunikasi apa yang dibangun oleh kepala madrasah dengan para guru, staf dan komite madrasah, serta bentuk-bentuk komunikasi yang dibangun oleh kepala madrasah dengan para guru, staf dan komite madrasah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui komunikasi Kepala Madrasah dengan staf dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Lubuk Pakam, 2) untuk mengetahui komunikasi Kepala Madrasah dengan guru-guru dalam meningkatkan komunikasi internal dengan guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Lubuk Pakam, 3) untuk mengetahui komunikasi Kepala Madrasah dengan Komite madrasah dalam meningkatkan kinerja guru madrasah Tsanawiyah Negeri Lubuk Pakam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Pendekatan penelitian kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian kualitatif ini bagaimana membangun pengetahuan melalui pemahaman dan penemuan. Penggunaan pendekatan penelitian kualitatif ini dilakukan karena berkaitan dengan proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki fenomena sosial dan masalah manusia. Dalam penelitian ini sumber data diambil dari hasil wawancara, observasi, serta dokumentasi dari piahak-pihak yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah memang melaksanakan komunikasi internal dengan para guru, staf, dan komite madrasah dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Lubuk Pakam. Sedangkan bentuk Komunikasi yang dilaksanakan kepala madrasah dengan para guru, staf, dan komite madrasah dalam meningkatkan komunikasi internal yaitu dengan melaksanakan kedua bentuk dari komunikasi internal itu sendiri, pertama kepala madrasah melaksanakan komunikasi ke bawah (dawnward communication) yaitu komunikasi yang datangnya dari kepala madrasah kepada para guru,staf, dan komite. Kedua kepala madrasah juga melaksanakan komunikasi ke atas (upward communication). yaitu komunikasi yang datangnya dari para guru, staf dan komite kepada kepala madrasah.