Pelaksanaan supervisi manajerial dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara

Main Author: Nasruddin, Nasruddin
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1688/1/tesis%20Nasruddin%2C%20Daftar%20Isi.docx
http://repository.uinsu.ac.id/1688/
Daftar Isi:
  • Pembimbing II : Prof. Dr. Syukur Kholil, MA Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi manajerial bidang kurikulum dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi manajerial bidang kurikulum dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Negeri Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, yang prosesnya berlangsung secara sirkuler selama penelitian. Temuan penelitian ini adalah : 1. Perencanaan supervisi manajerial bidang kurikulum dalam meningkatkan kinerja guru PAI di MTsN Kutacane disusun pada awal tahun pembelajaran dan melibatkan pengawas dan kepala madrasah. Perencanaan disusun secara sistematis dalam Rencana Kerja Pengawas yang mencakup 5 komponen, yaitu 1) waktu dan tanggal pelaksanaan supervisi manajerial; 2) aspek-aspek bidang kurikulum dan indikator aspek yang akan dinilai; 3) instrumen pemenuhan bidang kurikulum; 4) teknik pelaksanaan supervisi manajerial; dan 5) rencana evaluasi dan tindak lanjut hasil supervisi manajerial pengawas. Tindak lanjut hasil perencanaan adalah sosialisasi kepada madrasah dan guru-guru PAI. 2. Pelaksanaan supervisi manajerial bidang kurikulum dalam meningkatkan kinerja guru PAI dilakukan dengan teknik kunjungan langsung, dengan komunikasi yang santun, dan dengan pendekatan kolaboratif. Supervisi manajerial dilaksanakan dengan langkah-langkah sistematis yaitu pemeriksaan dokumen-dokumen, mengklarifikasi temuan dan diskusi untuk menemukan solusi terhadap temuan. Tindak lanjut pelaksanaan supervisi manajerial adalah pembimbingan kepada kepala madrasah dan guru-guru PAI yang kemudian disusul dengan pemantauan dan penilaian pemenuhan bidang kurikulum. 3. Evaluasi supervisi manajerial bidang kurikulum dalam meningkatkan kinerja guru PAI dilakukan secara bertahap, dan didahului dengan pembinaan dan pembimbingan kepala madrasah dan guru-guru PAI. Penilaian supervisi manajerial dilakukan dengan teknik scoring, dan hasil penilaian ditindak lanjuti dengan cara: a. melaporkan hasil penilaian kepada atasan pengawas yaitu Kasi Mapenda Kemenag Kutacane dalam bentuk laporan pelaksanaan kepengawasan; b. pengawas akan merujuk kepada hasil tersebut dalam menyusun program pembinaan manajerial pada tahun selanjutnya; c. pengawas mendorong kepala madrasah untuk meningkatkan pembinaan kemampuan dan kualitas kerja guru-guru PAI; dan d. pengawas akan menyusun program pembinaan kepada guru-guru PAI MTsN Kutacane dalam bentuk pelatihan di tahun mendatang.