Pelaksanaan komunikasi pengawasandalam meningkatkan kinerja gurudi Madrasah Tsanawiyah Istiqlal Delitua Kabupaten Deli Serdang

Main Author: Nur, Syaifuddin
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1667/1/TESIS%20syaifuddin%20nur.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1667/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi pengawasan dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Istiqlal Delitua Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendiskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa dan aktivitas sosial, sikap, persepsi dan pemikiran orang secara individual dan kelompok. Analisis dilakukan secara terus menerus sejak awal hingga akhir penelitian yang dimulai dari reduksi data, penyajian data sampai kepada penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, ada tiga kesimpulan dalam penelitian ini: Pertama, Pelaksanaan komunikasi pengawasan dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Istiqlal Delitua Kabupaten Deli Serdang yang dilaksanakan oleh Pengawas dari Kementrian Agama Kabupaten Deli Serdang dilaksanakan dengan memberikan kewenangan/pendelegasian kepada Kepala Madrasah Tsanawiyah Istiqlal Delitua. Hal ini dilakukan karena adanya ketidak sesuaian antara jumlah pengawas dengan jumlah sekolah/madrasah yang menjadi binaannya. Kedua, Pelaksanaan komunikasi pengawasan dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Istiqlal Delitua Kabupaten Deli Serdang yang dilaksanakan oleh Yayasan Perguruan Istiqlal Delitua diupayakan dengan menggunakan prinsip komunikasi keIslamanyang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung melalui beberapa kegiatan diantaranya dengan kegiatan Muzakarah, Safari Ramadhan, tabligh akbar dan sebagainya. Ketiga, Pelaksanaan komunikasi pengawasan dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Istiqlal Delitua Kabupaten Deli Serdang yang dilaksanakan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Istiqlal Delitua cenderung dengan menggunakan komunikasi langsung (verbal) dengan berupaya menjadikan para guru sebagai rekan kerja upaya ini dilakukan untuk menimbulkan kedekatan emosional sehingga para guru tidak merasa terbebani dengan segala kewajiban yang ada.