Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah ingin mengungkap mengenai Manajemen Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan dari segi perencanaannya, pengorganisasiannya, pelaksanaannya dan dari segi pengevaluasiannya. Dalam pembahasan tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan fenomenologi. Dalam pendekatan teoritis penulis menggunakan penelitian yaitu dengan membaca dan menganalisis buku-buku yang relevan dengan judul tesis ini. Sedangkan pendekatan empiris penulis menggunakan metode observasi, interview, dan studi dokumentasi. Untuk memaparkan temuan hasil penelitian dan menganalisis data yang diperoleh penulis menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan empat kriteria sebagai acuan standar validitas yang meliputi: (1). Kredibilitas, (2). Keteralihan, (3). Ketergantungan, (4). Kepastian. Hasil penelitian ini mengungkapkan empat hasil temuan yaitu: (1). Perencanaan Kepala Madrasah Dalam mengembangkan kompetensi Guru di MIN medan hanya dilakukan oleh kepala sekolah dan WKM saja dengan tidak melibatkan unsur lainnya seperti guru., (2). Pengoganisasi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru di MIN Medan tidak memiliki stuktur keanggotaan pelaksana pengembangan yang jelas, (3). Pelaksanaan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru di MIN Medan terlaksana seperti pelatihan pada awal semester, workshop setiap akhir bulan, dan outbond guru dalam meningkatkan kualitas mengajar di dalam kelas, (4). PengawasanKepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru di MIN Medan,dilakukan secara terus menerus memperhatikan dan mengawasi guru yang mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi guru. Dan juga melakukan pengevaluasian dengan menanyakan setiap kegiatan yang telah dilakukan pengevaluasian dengan mengoreksi kegiatan yang telah berjalan.