Peningkatan kemampuan membaca Al-Quran dengan menggunakan strategi mengulang (Rehearsal Strategies) dan Media Audio Visual Pada siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara

Main Author: Marzuki, Marzuki
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1549/1/Tesis%20marzuku.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1549/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1549/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1549/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1549/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1549/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1549/7/Daftar%20pustaka.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1549/
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan guna perbaikan proses pembelajaran terhadap peningkatkan kemampuan membaca Alquran pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Pasir. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan membaca Alquran siswa sebelum pelaksanaan strategi mengulang dan penggunaan media audio visual, (2) Mengetahui pelaksanaan strategi mengulang dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada siswa kelas VIII, (3) Mengetahui penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada siswa kelas VIII, (4) Mengetahui peningkatan kemampuan membaca Alquran siswa sesudah pelaksanaan strategi mengulang dan penggunaan media audio visual. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I (ganjil) tahun ajaran 2011/2012 yaitu mulai tanggal 19 September 2011 hingga 21 November 2011. Lokasi penelitian pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Pasir beralamat di Jalan Cut Nyak Asiah, Desa Cangguek Kecamatan Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara. Subjek penelitian siswa kelas VIII1 dengan jumlah siswa 40 orang terdiri dari laki-laki 18 orang dan perempuan 22 orang. Tindakan pembelajaran dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 1 (satu) pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran dirancang dengan menggunakan strategi rehearsal dan media audio visual. Alat pengumpul data melalui tes pilihan ganda dan tes kemampuan membaca Alquran, observasi, respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi rehearsal dan media audio visual, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif, dilakukan dengan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh (1) Kemampuan membaca Alquran siswa sebelum menggunakan strategi rehearsal dan penggunaan media audio visual menunjukkan indikasi rendah < 74; (2) Pelaksanaan strategi rehearsal dan media audio visual sudah tercapai dengan baik sesuai dengan indikator ketercapaian; (3) Penggunaan media audio visual telah memberikan konstribusi kepada siswa dalam memahami materi ajar serta memudahkan dalam menerapkan hukum bacaan. (4) Peningkatan kemampuan membaca Alquran siswa setelah menggunakan strategi rehearsal dan media audio visual telah mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu >74.