Pengaruh metode numbered heads together (Nht) dan media Audiovisual terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri 12 Medan

Main Author: Harahap, Juniati
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1539/1/Juniati%20Hrp%2C%2092214033328.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1539/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh positif metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar PAI siswa.(2) Pengaruh positif media audiovisual terhadap hasil belajar PAI siswa. (3) Pengaruh positif metode Numbered Heads Together (NHT) dan media audiovisual secara bersamaan terhadap hasil belajar PAI siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Medan, populasi berjumlah 146 siswa dengan sampel 60 siswa yang terdiri dari 30 kelas XI IPA-5 dan 30 siswa kelas XI IPS-3. Instrumen Penelitian dengan menggunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda 30 item soal, serta dengan menggunakan test yang dikembangkan oleh peneliti sendiri dengan mengacu pada instrumen. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriftif. Untuk menguji data statistik inferensial digunakan ANAVA dua jalur. Sebelum ANAVA dua jalur digunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas. v Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif hasil belajar PAI siswa yang belajar dengan metode Numbered Heads Together (NHT) dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 17,7. (2) Terdapat pengaruh positif hasil belajar PAI siswa yang belajar dengan media Audiovisual dengan nilai rata-rata hasil belajar PAI siswa 16,5. (3) Terdapat pengaruh positif hasil belajar PAI siswa yang belajar dengan metode Numbered Heads Together (NHT) dan media Audiovisual secara bersamaan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 23,6.