Pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individuality (Tai) dan kemampuan mengelola kelas guru terhadap hasil belajar fikih siswa kelas VII di Mts S Al-Washliyah Nagur Kecamatan Tanjung Beringin

Main Author: Rangkuti, Liza Wirdani
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1532/1/LIZA%20WIRDANI%20RANGKUTI%20NIM.92214033328.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1532/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Perbedaan hasil belajar fikih siswa berkemampuan tinggi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (3) Perbedaan hasil belajar fikih siswa berkemampuan rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (4) Pengaruh kemampuan mengelola kelas terhadap hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality (5) Interaksi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar fikih siswa. Penelitian ini terdiri dari 30 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design (Eksperimental semu). Penelitian ini menggunakan model rancangan kuasi eksperimental dengan desain faktorial 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar fikih berkemampuan tinggi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar fikih berkemampuan rendah siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. (4) Terdapat pengaruh kemampuan mengelola kelas terhadap hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality. (5) Terdapat interaksi antara hasil belajar fikih siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individuality dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.