Pengaruh strategi pembelajaran modeling dan ekspositori terhadap hasil belajar alquran Hadisditinjau dari kemampuan awal siswa (Eksperimen pada siswa klas VIII Madrasah Tsanawiyah Taajussalaam Besilam Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat)

Main Author: Windasari, Nopita
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1496/1/TESIS%20Nopita.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1496/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Modeling dan Kemampuan Awal Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dan dilakukan pada Madrasah Tsanawiyah Taajussalaam Besilam Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat dengan sampel sebanyak 48 siswa. Hasil penelitian ini adalah; (1) Hasil belajar Alquran Hadis siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran modeling lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) Hasil belajar Alquran Hadis siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang diajarkan dengan strategi pembelajaran modeling lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori; (3) Hasil belajar Alquran Hadis siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang diajarkan dengan strategi pembelajaran modeling lebih rendah daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (4) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar Alquran Hadis.