Kebijakan Kementerian Agama tentang program profesionalisasi guru Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta se Kabupaten Aceh Tengah

Main Author: Ridwan MK, Ridwan MK
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1490/1/Tesis%20Ridwan.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1490/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta hambatan-hambatan dalam program profesionalisasi guru Madrasah Aliyah oleh Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara.Observasi dan Dokumentasi. Sebjek penelitian adalah Kasi Madrasah Dan Pendidikan Agama (Mapenda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah sudah melakukan perencanaan program profesionalisasi guru Madrasah Aliyah dengan baik berdasarkan asumsi adanya berbagai kekurangan dan kebutuhan lembaga pendidikan, program-program profesionalisasi guru Madrasah Aliyah tersebut adalah program studi lanjut, penataran-penataran, magang diluar negeri, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) serta pembinaan lewat supervisi, akan tetapi ada beberapa program profesionalisasi guru yang dianggap dapat memberi kontribusi bagi professional guru yang tidak diprogramkan seperti seminar, lokakarya atau diskusi-diskusi lainnya. Untuk pelaksanaan program profesionalisasi guru Madrasah Aliyah belum memadai secara kualitas maupun kuantitas, hal ini terkendala oleh keterbatasan dana serta kualitas guru yang begitu rendah.