Analisis persepsi masyarakat muslim terhadappenggunaan alat pembayaran non tunai di Kota Medan
Main Author: | Radiansyah, Muhammad |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/1381/1/tesis%20radian%20pdf%20tinggak%20bakar.pdf http://repository.uinsu.ac.id/1381/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat muslim terhadap penggunaan alat pembayaran non tunai di kota medan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada Masyarakan Kota Medan berjumlah 100 sampel. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan mengolah data-data yang diperoleh dari kuesioner setelah terlebih dahulu ditransformasikan ke dalam bentuk data numerik (angka) dengan menggunakan skala likert. Data tersebut diolah dengan bantuan program Eviews. Analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil Estimasi Persepsi Masyarakat menunjukkan bahwa R2 sebesar 0,836 berarti perubahan variabel bebas telah menjelaskan perubahan variabel terikat sebesar 83,6% dan 16,4 % dijelaskan variabel diluar model. Sedangkan Ftest diperoleh sebesar 37,52 atau dengan nilai Prob. 0,000 berarti secara bersama-sama variabel Efisiensi, Keamanan, Infrastruktur, Promosi dan Lingkungan berpengaruh terhadap persepsi masyarakat muslim terhadap Alat Pembayaran Non Tunai di Kota Medan. Hasil penelitian Koefisien Variabel Efisiensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi masyarakat terhadap Alat Pembayaran Non Tunai karena memiliki t-stat sebesar 2,814 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,661. Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi masyarakat terhadap Alat Pembayaran Non Tunai karena memiliki t-stat sebesar 2,437 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,661. Infrastruktur berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi masyarakat terhadap Alat Pembayaran Non Tunai karena memiliki t-stat sebesar 2,815 lebih besar dari ttabel sebesar 1,661. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi masyarakat terhadap Alat Pembayaran Non Tunai karena memiliki t-stat sebesar 2,236 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,661. Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi masyarakat terhadap Alat Pembayaran Non Tunai karena memiliki t-stat sebesar 2,555 lebih besar dari t-tabel sebesar 1,661. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel Infrastruktur yang paling berpengaruh signifikan terhadap persepsi masyarakat muslim dalam menggunakan alat pembayaran non tunai di Kota Medan. Diharapkan kepada Bank Indonesia lebih gencar lagi dalam mensosialisasikan tentang pembayaran non tunai serta manfaat dari menggunakannya dimana banyak masyarakat yang belum mengerti sama sekali tentang pembayaran elektronik