Kontribusi Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Program Kelompok Kerja Guru (Kkg) Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Kecamatan Binjai Kota

Main Author: Rajemah, Rajemah
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: aa
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1241/1/rajemah.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1241/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kontribusi antara persepsi guru tentang pelaksanaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai variabel pertama (X1) dan motivasi kerja sebagai variabel kedua (X2) terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Binjai Kota. Untuk menemukan seberapa besar atau signifikan kontribusi yang dimiliki, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 96 orang, sedangkan sampel penelitian ini menjadi 30 orang. Dari hasil analisis penelitian yang telah dilakukan tentang kontribusi persepsi guru tentang pelaksanaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Binjai Kota dapat disimpulkan bahwa: 1. Terdapat kontribusi yang signifikan antara persepsi guru tentang pelaksanaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan kinerja guru. Hal ini diindikasikan oleh hasil uji-t secara parsial dimana nilai t-hitung (10.00) > t-tabel (6.31)dan sig-p (0.00) < sig-α (0.05). 2. Terdapat kontribusi yang signifikan antara persepsi guru tentang pelaksanaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Binjai Kota Hal ini diindikasikan oleh hasil uji-t secara parsial dimana nilai t-hitung (7.90) > t-tabel (6.31) dan sig-p (0.000) < sig-α (0.05) 3. Terdapat kontribusi yang signifikan antara persepsi guru tentang pelaksanaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) dan persepsi guru tentang pelaksanaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) secara bersama-sama dengan kinerja guru. Hal ini diindikasikan oleh hasil uji-F secara serentak dimana F-hitung = 132.405 dan probabilitas sig-p (0.000) < sig-α (0.05) Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan tidak ada kontribusi antara persepsi guru tentang pelaksanaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan hasil belajar ditolak. Begitu juga hipotesis yang menyatakan bahwa tidak ada kontribusi antara persepsi guru tentang pelaksanaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Binjai Kota ditolak.