Pelaksanaan Pembelajaran Tahfizul Qur’an Di SDIT Nurul ‘Ilmi Medan Estate Kabupaten Deli Serdang

Main Author: Pristiawan, Eka
Format: Masters NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/1231/1/Tesis%20EKA%20PRISTIAWAN.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1231/
Daftar Isi:
  • Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dimana peneliti merupakan instrument kunci, dalam menggunakan metode pengumpulan data dan analisis data mengacu pada kaedah-kaedah penelitian diskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data yang diperlukan sesuai dengan pertanyaan serta tujuan penelitian. Tehnik pengumpulan data: Observasi, wawancara, dan kajian dokumentasi, yaitu dengan cara menyusun data, menghubungan data, mereduksi, menyajikan dan menyimpulkan data yang telah dikumpulkan dilakukan dengan tingkat keandalan (kredibilitas), (keteralihan), (trasferability), ketergantungan, (defendability), dan kepastian (konfirmability). Temuan hasil penelitian ini ada 3 yaitu: (1). Pelaksanaan Pembelajaran Tahfizul Qur’an di SDIT Nurul ‘Ilmi memiliki target hafalan yaitu hingga juz 30,Unit Tahfizul Qur’an telah membuat program bagi siswa-siswa maksimal telah hafal Juz ‘amma ketika mereka tamat kelas 6, (2). Materi Pembelajaran Tahfzul Qur’an yang diajarkan memiliki dua tingkatan yaitu tinggi dan rendah (3). Metode yang digunakan pada pembelajaran Tahfizul Qur’an di Sekolah dasar Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Medan Estate adalah Bin Nazar dan Tahfiz. (4).Bentuk Evaluasi pembelajaran tahfizul Qur’an di sekolah dasar Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Medan Estate adalah dengan mengadakan ujian Mid semester dan mid semester. (5).Peran dan Partisipasi guru dalam meningkatkan pembelajaran Tahfizul Qur’an sangat diperlukan untuk meningkatkan kwalitas dan kwantitas hafalan siswa- siswi.