ctrlnum 1132
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinsu.ac.id/1132/</relation><title>Pendekatan Humanis Dalam Pengembangan Kurikulum &#xD; Pendidikan Agama Islam 2013</title><creator>Asfiati, Asfiati</creator><subject>2X7.3 Pendidikan Islam</subject><subject>2X7.35 Kurikulum</subject><description>Pendekatan humanis merupakan salah satu aktivitas pembelajaran yang membantu peserta didik percaya diri dan mampu mengembangkan potensi. Pendekatan dengan mengembangkan kurikulum berdasarkan humanis bertolak dari ide memanusiakan manusia. Kurikulum 2013 berupaya mempersiapkan peserta didik yang memiliki keahlian hidup (life skill). Kurikulum 2013 ikut serta dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam berlandaskan nilai-nilai moral. Rumusan masalah penelitian adalah: 1). Apa landasan pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013? 2). Bagaimana konsep pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013? 3).Bagaimana implementasi pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 di SMA Negeri 1 Matauli Pandan? Penelitian bertujuan untuk:1). Mengetahui landasan pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam kurikulum 2013. 2). Mengetahui konsep pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013. 3). Mengetahui implementasi pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 di SMA Negeri 1 Matauli Pandan. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif. Alat pengumpul data adalah dokumentasi, interview dan observasi. Teknik analisa data adalah content analysis, hermeneutik untuk keabsahan data digunakan trianggulasi.&#xD; Hasil penelitian ini adalah: Landasan pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 adalah: yuridis, filosofis, sosiologis, empiris, struktur kerja, organisatoris. Konsep pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 ialah mengacu kepada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Implementasi pendekatan humanis dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Matauli Pandan ditempuh melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang dijabarkan dalam kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD).</description><date>2016</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/1132/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/1132/2/ABSTRAK%20YES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/1132/3/DAFTAR%20ISI%20%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/1132/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/1132/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/1132/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/1132/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/1132/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/1132/9/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/1132/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Asfiati, Asfiati (2016) Pendekatan Humanis Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara. </identifier><recordID>1132</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Masters
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Asfiati, Asfiati
title Pendekatan Humanis Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013
publishDate 2016
topic 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7.35 Kurikulum
url http://repository.uinsu.ac.id/1132/1/COVER.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1132/2/ABSTRAK%20YES.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1132/3/DAFTAR%20ISI%20%20V.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1132/4/BAB%20I.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1132/5/BAB%20II.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1132/6/BAB%20III.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1132/7/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1132/8/BAB%20V.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1132/9/BAB%20VI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1132/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/1132/
contents Pendekatan humanis merupakan salah satu aktivitas pembelajaran yang membantu peserta didik percaya diri dan mampu mengembangkan potensi. Pendekatan dengan mengembangkan kurikulum berdasarkan humanis bertolak dari ide memanusiakan manusia. Kurikulum 2013 berupaya mempersiapkan peserta didik yang memiliki keahlian hidup (life skill). Kurikulum 2013 ikut serta dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam berlandaskan nilai-nilai moral. Rumusan masalah penelitian adalah: 1). Apa landasan pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013? 2). Bagaimana konsep pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013? 3).Bagaimana implementasi pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 di SMA Negeri 1 Matauli Pandan? Penelitian bertujuan untuk:1). Mengetahui landasan pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam kurikulum 2013. 2). Mengetahui konsep pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013. 3). Mengetahui implementasi pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 di SMA Negeri 1 Matauli Pandan. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif. Alat pengumpul data adalah dokumentasi, interview dan observasi. Teknik analisa data adalah content analysis, hermeneutik untuk keabsahan data digunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah: Landasan pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 adalah: yuridis, filosofis, sosiologis, empiris, struktur kerja, organisatoris. Konsep pendekatan humanis dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013 ialah mengacu kepada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Implementasi pendekatan humanis dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Matauli Pandan ditempuh melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang dijabarkan dalam kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD).
id IOS2781.1132
institution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 503
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
library_id 508
collection Repository UIN Sumatera Utara
repository_id 2781
subject_area Adat Istiadat
Administrasi Negara dan Militer
Agama
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS2781
first_indexed 2017-02-25T15:25:43Z
last_indexed 2017-02-25T15:25:43Z
recordtype dc
_version_ 1765850840622432256
score 17.538404