Hubungan Manajemen Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Man Tebing Tinggi
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen pembelajaran dengan hasil belajar Bahasa Arab siswa MAN Tebing Tinggi, mengetahui hubungan kemampuan awal dengan hasil belajar Bahasa Arab siswa MAN Tebing Tinggi, mengetahui hubungan manajemen pembelajaran dan kemampuan awal secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa MAN Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan statistik regresi linier sederhana, regresi linier berganda dan dilanjutkan dengan analisis koefisien korelasi sederhana. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen pembelajaran adalah variabel bebas pertama (X1), kemampuan awal sebagai variabel bebas kedua (X2), dan hasil belajar Bahasa Arab siswa MAN Tebing Tinggi sebagai variabel terikat (Y). Penarikan sampel dalam penelitian ini berdasarkan karakteristik dari penelitian. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa nilai koefisien korelasi secara parsial X1 dengan Y bila X2 dikontrol diperoleh sebesar 0,683, sedangkan X2 dengan Y bila X1 dikontrol diperoleh 0,664. Hal ini apabila diinterpretasikan menurut ketentuan Guilford bahwa hubungan manajemen pembelajaran terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa MAN Tebing Tinggi kuat, begitu juga kemampuan awal mempunyai hubungan yang kuat dengan hasil belajar Bahasa Arab siswa MAN Tebing Tinggi. Selanjutnya untuk mengetahui besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat baik secara parsial maupun secara bersama-sama dilakukan Uji Goodness of fit berdasarkan nilai koefisien determinasi (r2) x 100%, yang hasilnya (r2) dari X1 = 0,467 yang berarti besarnya hubungan manajemen pembelajaran terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa MAN Tebing Tinggi sebesar 46,7%. Sedangkan besarnya nilai r2 dari X2 sebesar 0,43 yang berarti besarnya hubungan kemampuan awal terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa MAN Tebing Tinggi secara tersendiri sebesar 43,1%. Selanjutnya diperoleh hasil r2 dari X1 dan X2 sebesar 0,531 yang berarti besarnya hubungan manajemen pembelajaran dan kemampuan awal secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa MAN Tebing Tinggi sebesar 53,1%.