Pengembangan Budaya Sekolah Dalam Pembinaan Sikap Religius Siswa Di SMPS IT Al-Hijrah Deli Serdang

Main Author: Safri, Muhammad
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/10062/1/skripsi%20muhmmad%20safri%20%281%29.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/10062/
Daftar Isi:
  • Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peran sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah untuk pembinaan sikap religius siswa (2) nilai- nilai religius dalam pengembangan budaya sekolah (3) faktor pendukung dan penghambat pembinaan sikap religius siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan juga penarikan kesimpulan. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah dan para guru sebagai pelaksana dalam pembinaan sikap religius siswa di sekolah. Data ini dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Keabsahan data di hasilkan melalui proses triangulasi sumber dan juga triangulasi teknik. Hasil penelitian yang peneliti lakukan di SMPS IT Al-Hijrah Deli Serdang menunjukan bahwa (1) Peran sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah untuk pembinaan sikap religius siswa tercermin dalam lapisan budaya artifak, nilai dan juga keyakinan yang terwujud dari perwujudan fisik dan prilaku warga sekolah. Hal demikian juga dapat dilihat dari program-program sekolah (2) nilai- nilai budaya religius tercermin dari program sekolah dan juga standart kelulusan siswa, yang menuntut para peserta didik untuk memiliki sikap religius, baik di lingkungan sekolah, masyarakat dan juga lingkungan keluarga. (3) terdapat faktor yang mendukung dan juga faktor yang menghambat dalam pembinaan sikap religius siswa, adapun faktor yang mendukung diantaranya yaitu adanya dukungan dari berbagai pihak karena sama-sama menganggap pentingnya pembinaan sikap religius siswa yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, adapun faktor yang mengambat diantaranya yaitu ada sebahagian kecil orang tua siswa yang kurang mendukung program pembinaan sikap religius siswa.