Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi BentukBentuk Energi Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Siswa Kelas IV MIN 4 Kota Medan T.A 2018-2019
Main Author: | Maimunah, Maimunah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/10047/1/SKRIPSI%20MAIMUNAH.pdf http://repository.uinsu.ac.id/10047/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang rendahnya hasil belajar IPA siswa pada materi bentuk-bentuk energi di kelas IV MIN 4 Kota Medan. Hal ini terlihat dari kurang mampunya siswa menyelesaikan soal-soal, sehingga diperlukan usaha dan model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match pada materi bentuk-bentuk energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang diaksanakan dalam 2 siklus. Untuk mengetahui kemampuan siswa, peneliti menggunakan lembar observasi belajar siswa, soal-soal pretest dan post-test dalam bentuk pilihan berganda yang diberikan kepada siswa secara individu. Berdasarkan hasil tes awal sebelum diberikan tindakan menunjukkan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 0,1% (3 siswa). Setelah diberikan tindakan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match, diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 53,33% (16 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I, pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 83,33% (25 siswa). Sehingga diperoleh peningkatan hasil belajar IPA dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran IPA materi bentuk-bentuk energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 4 Kota Medan Tahun Ajaran 2018-2019.