Apakah Entrepreneurs Indonesia Dapat Bersaing di AEC 2015? Potensi Ekonomi Indonesia

Main Authors: Hartono, Wendra, Maichal
Format: Article
Terbitan: Proceeding Call For Paper, The Impact of ASEAN Community 2015: Opportunities And Benefits for Indonesians Entrepreneur – ISBN: 978-979-19940-3-3 – Universitas Kristen Maranata , 2014
Subjects:
Online Access: http://hdl.handle.net/123456789/477
Daftar Isi:
  • ASEAN economic communityatau AEC merupakan sebuah wujud integrasi ekonomi negara-negara di kawasan ASEAN. Suatu integrasi ekonomi itu sendiri diwujudkan oleh hilangnya hambatan-hambatan perdagangan antar berbagai negara yang menjalin hubungan kerjasama, baik bilateral ataupun multilateral. Ditinjau dari segi daya saing, produk-produk Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia dinilai kurang memiliki daya saing yang tinggi, sehingga menjelang era AEC 2015, produk serta hasil karya anak bangsa dinilai tidak akan mampu bersaing di pasar AEC 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan bersaing entrepreneurs di Indonesia dalam menghadapi persaingan di AEC 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa sektor ekonomi yang seyogyanya dapat dimanfaatkan oleh entrepreneurs di Indonesia untuk bersaing. Sektor-sektor tersebut antara lain adalah dari sektor pariwisata,perdagangan dan kekayaan alamnya