How to Motivation Sustain Business Students?
Main Authors: | Adityawijaya, Alan, Dewi, Liliana |
---|---|
Format: | Lainnya application/pdf |
Terbitan: |
STIE MAHARDHIKA
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/2017 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui eksplorasi motivasi intrinsik dan esktrinsik untuk keberlangsungan bisnis mahasiswa Universitas Ciputra. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara semi terstruktur. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 bisnis mahasiswa yang berlanjut setelah semester 7, 1 bisnis mahasiswa yang tidak berlanjut setelah semester 7, 1 dosen Human Resource Management yang memahami pemberdayaan manusia dalam menjalankan bisnis, dan 1 dosen koordinator IBM-Practice yang memahami faktor motivasi dalam keberlangsungan bisnis mahasiswa. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu Terdapat 3 motivasi ekstrinsik dan 4 motivasi intrinsik yang diperlukan mahasiswa dalam mempertahankan keberlangsungan bisnisnya. Keinginan memperoleh pembelajaran merupakan motivasi intrinsik yang paling awal ada, karena calon mahasiswa sadar mereka masuk Universitas Ciputra untuk belajar berbisnis. Keinginan memperoleh kemandirian dan tanggung jawab juga merupakan motivasi intrinsik yang mempengaruhi keberlangsungan bisnis mahasiswa. Kesadaran diri merupakan dasar dari segala motivasi. Motivasi ekstrinsik yang paling awal muncul yaitu pemenuhan tugas mahasiswa, sehingga bisnis mahasiswa dijalankan untuk memperoleh sebuah nilai. Sumber daya dan teman kelompok juga merupakan penggerak motivasi mahasiswa dalam mempertahankan keberlangsungan bisnisnya.