kepuasan pengguna terhadap layanan sirkulasi diperpustakaan pusat universitas lancag kuning pekanbaru

Main Author: Riska Fitri Mayanti
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Unilak Press , 2013
Subjects:
Online Access: http://lib.unilak.ac.id/ucs/index.php?p=show_detail&id=27652
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul : kepuasan pengguna terhadap layanan sirkulasi diperpustakaan Pusat Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap layanan sirkulasi diperpustakaan Pusat Universitas Lancang Kuning Pekanbaru dan untuk mengetahuibagaimana layanan sirkulasi di perpustakaan tersebut. Populasi dalam penelitianini berjumlah 1300 orang. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian inimenggunakan rumus sederhana. Selanjutnya sampel tersebut diambil denganmenggunakan metode accident sampling yaitu siapa saja pengguna yang datangdan kebetulan ada di perpustakaan tersebut dapat mewakili sebagai sampelpenelitian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitiandeskriptif kualitatif. Dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu denganmenggunakan angket, observasi dan teknik dokumentasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kepuasan pengguna terhadap sistem layanan terbuka sudahmemuaskan pengguna pada umumnya, karena dengan sistem terbuka penggunabebas mencari koleksi yang mereka butuhkan. Dari segi kemudahan memperolehinformasi melalui pustakawan sebagian besar pengguna merasa puas karenainformasi yang yang diberikan cukup jelas. Sedangkan kemudahan memperolehinformasi melalui katalog tercetak sebagian besar penguna merasa biasa saja.Kemudian pelayanan pemberian informasi yang diberikan oleh pustakawansebagian besar sudah memuaskan, karena pustakawan pada layanan sirkulasimelayani pengguna dengan sabar, melayani dengan wajah ceria, dan maumendengarkan keluhan dari pengguna. Kemudian layanan sirkulasi dari segipeminjaman dan pengembalian sebagian besar pengguna sudah merasa puas.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pada saat ini perpustakaanPusat UNILAK Pekanbaru walaupun sudah memadai bagi pengguna, tetapidiharapkan agar dapat lebih memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagikepada pengguna. Untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik penulismenyarankan kepada pihak perpustakaan, hendaknya adanya penambahanpustakawan pada layanan sirkulasi.Kata kunci: Kepuasan Pengguna, Layanan Sirkulasi
  • x.89hlm.;ilus.:29cm