STRATEGI BISNIS USAHA PADA TOZCA CAFE DAN BAKERY DI SIDOARJO
Main Authors: | Herlyn Nova , Sprilya, Budi, Prabowo |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/7540/1/72102017_7.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/7540/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Bisnis yang tepat dan berdaya saing dengan terlebih dahulu mengidentifikasi bidang Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Keuangan, Pemasaran dan Strategi Manajemen Informasi usaha itu sendiri. Hal ini dilakukan degan menggunakan metode analisis SWOT ( Strenght, Weaknees, Opportunity, Threat). Analisis SWOT adalah analisis yang digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman dilingkungan bisnis maupun kekuatan serta kelemahan yang dimiliki internal perusahaan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik Indeepth interview (wawancara secara mendalam) pada pemilik usaha Tozca Cafe dan Bakery di Sidoarjo Serta karyawan dan konsumen Tozca Cafe dan Bakery itu sendiri. Hasilnya kemudian dianalisis dengan metode SWOT yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman yang dialami oleh Tozca Cafe dan Bakery di Sidoarjo selama menjalankan Usahanya sampai sekarang serta Strategi Usaha ini dalam Bersaing dengan para pesaingnya yang semakin banyak di Pasaran saat ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Bisnis yang dilakukan oleh Tozca Cafe dan Bakery yang mencakup bidang Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Keuangan, Pemasaran, dan Sistem Informasi Manajemen ini dapat berjalan lancar dan seimbang di tengah banyaknya para pesing di Pasaran saat ini. Dengan adanya Pesaing tersebut justru menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik usaha untuk menciptakan inovasi untuk mengembangkan Usahanya. Dan sepanjang perjalanan usaha Tozca Cafe dan Bakery sampai saat ini belum mengalami penurunan melainkan selalu menunjukkan kenaikan dalam penjualannya. Itu dikarenakan Strategi Berdaya Saing tinggi untuk mempertahankan Citarasa makanan dan minuman yang ada di kafe tersebut. Kata Kunci : Strategi Bisnis, SWOT