PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID SAMSUNG DI WTC SURABAYA
Main Authors: | Eria Putri, SP, Rusdi , Hidayat N |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/7274/1/jbi_71042016_2.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/7274/ |
Daftar Isi:
- Dalam persaingan seperti sekarang ini, perusahaan dituntut untuk menawarkan produk yang berkualitas dan mempunyai nilai lebih, sehingga tampak berbeda dengan produk pesaingnya. Kualitas merupakan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum membeli suatu produk. Dalam upaya memasarkan produknya secara berhasil mereka mempergunakan empat • komponen kebijaksanaan yang dikemas menjadi satu disebut kebijaksanaan terpadu. Dalam istilah asing kebijaksanaan tersebut disebut marketing mix atau bauran pemasaran.Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel bebas terdiri dari; variabel Produk, Harga, Promosi, Tempat. Sedangkan variabel terukat adalah keputusan pembelian. Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari 100 konsumen smartphone android Samsung di WTC Surabaya dan data sekunder dari berbagai sumber pustaka. Teknik analisa data menggunakan regresi linear berganda. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling dalam pemilihan responden. Pengukuran variabel dalam penelitian ini menggunakan skala Likert.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan (uji F) variabel Produk, Harga, Promosi, Tempat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial (uji t) variabel Produk, Harga dan Tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan, sedangkan variabel Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, Tempat, Keputusan Pembelian