VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA KOMUTER SULAM (Studi Kasus Penumpang Kereta Api Komputer SULAM)

Main Authors: Denny , Rahardian Akbar , Sonja , Andarini
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/7154/1/9__JURNAL_KEPUTUSAN_PENGGUNAAN_JASA_KOMUTER_OK.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/7154/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek yang disebabkan oleh variabel perilaku konsumen yang terdiri dari kelompok variabel referensi, variabel persepsi, variabel motivasi, dan variabel gaya hidup pada pengambilan keputusan konsumen menggunakan komuter layanan kereta api SULAM Teknik purposive sampling Penelitian ini menggunakan 100 sampel kemudian dipilih dan objek penelitian ini adalah penumpang kereta api komuter SULAM. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif, analisis simultan dan (analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS) parsial Dari hasil pengujian yang dilakukan, uji regresi simultan (uji F) menunjukkan bahwa semua variabel independen yang diteliti memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, uji regresi parsial (Uji T) menunjukkan bahwa kelompok referensi variabel, variabel persepsi, variabel motivasi , dan variabel gaya hidup memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Dan variabel gaya hidup memiliki pengaruh paling signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara sebagian besar variabel persepsi kecil berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Semua variabel independen atau variabel bebas berpengaruh, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel referensi, persepsi variabel, variabel motivasi, dan variabel gaya hidup secara bersamaan mempengaruhi keputusan untuk menggunakan kereta api komuter SULAM. Kata kunci: Keputusan Pembelian, Persepsi, Motivasi, dan Gaya Hidup