ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK MARGARIN MERK BLUEBAND

Main Author: Mohammad, Agus Nur Salim
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/7146/1/1_JURNAL__MOHAMMAD_AGUS_.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/7146/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apakah yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk margarin merk Blueband Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli dan menggunakan produk margarin merk Blueband di Pasar Tradisional Gresik. Penelitian ini menggunakan metode analisis analisis factor. Prinsip kerja analisis faktor adalah dari n variabel yang diamati dimana variabel mempunya korelasi maka dapat dikatakan bahwa variabel tersebut memiliki p faktor umum ( common faktor ) yang mendasari korelasi antar variabel dan juga m faktor unik ( unique faktor ) yang membedakan tiap variabel Hasil penelitian ini adalah : Faktor 1 teriri atas variabel harga sesuai kualitas, variasi harga, harga yang terjangkau, kemasan menarik dan kualitas produk. Dan kelompok faktor 1 tersebut menunjukkan bahwa item kualitas produk margarine merk Blueband yang dipertimbangkan paling dominan dalam keputusan pembelian produk margarine merk Blueband. Faktor 2 terdiri atas variabel iklan yang menarik di media cetak atau elektronik, mudah di dapat di toko kecil dan mudah di dapat di daerah pelosok. Dan faktor 2 tersebut menunjukkan bahwa item mudah di dapat di daerah pelosok yang paling dipertimbangkan paling dominan dalam keputusan pembelian produk margarine merk Blueband. Faktor 3 terdiri atas variabel adanya resep masakan dan demonstrasi penggunaan produk di media cetak atau elektronik. Dan kelompok faktor 3 tersebut menunjukkan bahwa item adanya resep masakan yang paling dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk margarine merk Blueband. Keywords: Price, Product, Promotion, Distribution and Consumer Considerations In Buying.