ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA UD. CENGKEH MADAGASKAR DI SIDOARJO
Main Author: | Ahmad , Khuzaimy |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/7129/1/2_STRATEGI_BISNIS.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/7129/ |
Daftar Isi:
- ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi bisnis yang dilakukan UD.Cengkeh Madagaskar di Sidoarjo. UD. Cengkeh Madagaskar merupakan suatu usaha di bidang hasil bumi yaitu cengkeh.Bisnis cengkeh bukan tanpa masalah, karena setiap usaha pasti akan bersaing dengan usaha lain untuk teta pada dan ber kembang. Untuk hal ini, para pelaku bisinis cengkeh harus mempunyai strategi bisnis yang baik untuk mengembangkan usahanya sehingga tetap bisa bersaing. Mengamati hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian kualitatif tentang strategi pada bisnis cengkeh di UD. Cengkeh Madagaskar. Dengan menggunakan informan dari pemilik UD. Cengkeh Madagaskar serta mengamati empat strategi utama bisnis yang meliputi strategi keuangan, produksi, pemasaran dan sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengelola keuangan, UD. Cengkeh Madagaskar hanya mencatat jumlah seluruh hasil penjualan kemudian dikurangi dengan jumlah pembelian serta biaya-biaya lainnya.Dari sisi strategi produksi, UD. Cengkeh Madagaskar dalam memperoleh produk selalu menyediakan yang matang untuk menarik minat pelanggan, dalam memasarkan produk, UD. Cengkeh Madagaskar hanya memberikan informasi kepada pelanggan maupun teman-teman seprofesi mereka.Dalam mencari tenaga kerja, UD .Cengkeh Madagaskar mendapatkan tenaga kerja dari orang-orang sekitar perusahaan sendiri.Untuk merekrut tenaga kerja, perusahaan hanya melihat orang tersebut nit bekerja atau tidak. Kata Kunci : strategi produksi, Strategi pemasaran, strategi sumber daya alam.