FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK BANK MUAMALAT KOTA SURABAYA (Studi Kasus Bank Muamalat Cabang Darmo)

Main Author: YANUARY ELOK MUTIARASARI, YANUARY
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/6569/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/6569/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/6569/
Daftar Isi:
  • Bank Muamalat merupakan bank yang beroperasi sesuai dengan prinsipprinsip syariah islam, artinya bank yang beroperasi mengikuti ketentuan-ketentuan syariah islam khususnya menyangkut tata-cara bermuamalat secara islam. Kondisi persaingan sektor perbankan yang semakin ketat membuat Bank Muamalat berusaha memperbaiki strategi usahanya yaitu dengan menambah fitur baru pada setiap layanannya. Hal ini dilakukan agar Bank Muamalat dapat menarik nasabah yang lebih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk Bank Muamalat di Kota Surabaya dan untuk mengetahui faktor-faktor yang paling dominan dalam memilih produk Bank Muamalat di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuisioner pada nasabah Bank Muamalat di Kota Surabaya. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode accidentian sampling yaitu sampel yang memiliki ciri/sifat khusus dari populasi dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Setelah dilakukan proses pengumpulan data, penelitian menggunakan SPSS (Statistical Package For Sosial Science) 15.0 untuk mendapatkan hasil penelitian. Adapun hasil yang diperoleh dapat dikelompokan menjadi 3 faktor yaitu : a. Faktor Jaminan, b. Faktor Lokasi, c. Faktor Bagi Hasil, sebagai faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk Bank Muamalat di Kota Surabaya. Kata kunci : Jaminan, Lokasi, Bagi Hasil.