PENGARUH KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI PERUMAHAN PESONA MUTIARA RESIDANCE PADA PT. ANUGRAH ALAM RAYA SIDOARJO

Main Author: Kiky , Ishomuddin Shidqi
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/629/1/File_1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/629/2/File_2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id/
http://eprints.upnjatim.ac.id/629/
Daftar Isi:
  • Semakin bertambahnya daya beli dan kepercayaan konsumen terhadap pembelian rumah tinggal. Memiliki rumah sebagai tempat tinggal merupakan dambaan setiap keluarga. Kepemilikannya dapat dicapai dengan membangun, atau membelinya dari pengembang perumahan, pengembang harus membangun rumah secara terkoordinasi, teruji dan tepat, hal ini menuntut keterlibatan dari konsumen untuk lebih mencari tahu tentang informasi penjualan rumah yang dirasa terbaik oleh para konsumen. Keputusan-keputusan yang tinggi keterlibatannya biasanya didalamnya termasuk pencarian informasi secara ekstensif dan melalui proses informasi atas sejumlah alternatif. Sehingga konsumen akan memberikan nilai tambah terhadap perusahaan tersebut, sehingga memberikan perusahaan tersebut kekuatan daya tahan dan keunggulan yang membedakannya dengan para pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan konsumen terhadap keputusan pembelian rumah di perumahan Pesona Perumahan Residance Sidoarjo. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterlibatan konsumen (X) dan keputusan pembelian (Y). Sampel yang diambil sebanyak 110 orang di Pesona Mutiara Residance Sidoarjo. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling). Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa keterlibatan konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dari hasil tersebut Perumahan Pesona Mutiara Residance dapat meningkatkan keterlibatan konsumennya sehingga keputusan pembelian juga meningkat.