PENGARUH MINAT BELAJAR, PERILAKU BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI ANGKATAN 2010 UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR
Main Author: | RATNA , KARTIKA DEWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/6154/1/file1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/6154/2/file2.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/6154/ |
Daftar Isi:
- Sebagai upaya dalam membentuk dan menciptakan pribadi yang berkualitas pendidikan merupakan salah satu hal penting yang harus dijalani oleh seseorang. Dengan penerapan strategi yang baik dalam belajar bagi mahasiswa diharapkan akan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar yang dicapai seorang mahasiswa merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal (intelegensi, bakat, minat, perilaku dan motivasi) maupun faktor eksternal (prasarana dikampus, keadaan keluarga, keadaan sekolah dan lingkungan masyarakat). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh minat belajar, perilaku belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi angkatan 2010 di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Prestasi belajar mahasiswa dalam penelitian ini di lihat dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Penilitian ini menggunakan data primer yang di peroleh dari penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Untuk memenuhi tujuan penelitian, hipotesis diuji dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar dan lingkungan belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar, sedangkan perilaku belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Kata Kunci : Minat Belajar, Perilaku Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar