PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2010 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR

Main Author: DIAN, FITRI PUSPITASARI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/6151/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/6151/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/6151/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2010 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (2) Pengaruh Lingkunngan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2010 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur . Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Strata satu (S1) program studi pendidikan Akuntansi angkatan 2010 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang berjumlah 189 mahasiswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Uji coba instrumen ini dilakukan terhadap 66 mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2010 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS), metode Partial Least Square (PLS) merupakan factor indeterminacy metode analisis yang powerful oleh karena tidak mengasumsikan data harus dengan pengukuran skala ukuran variabel tertentu dan jumlah sampel dapat kecil. Hasil penelitian ini adalah (1) Disiplin Belajar berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Belajar dengan koefisien sebesar 0,471, dapat diterima dimana nilai T-Statistic = 4,844 lebih besar dari nilai Z α = 0,05 (5%) = 1,96, maka Signifikan (Positif). (2) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Belajar dengan koefisien sebesar 0,297, dapat diterima dimana nilai T-Statistic = 3,009 lebih besar dari nilai Z α = 0,05 (5%) = 1,96, maka Signifikan (Positif). Kata Kunci : Disiplin Belajar, Lingkugan Teman Sebaya dan Prestasi Belajar