PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR
Main Author: | HENIK , ERNAWATININGTYAS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/6128/1/file1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/6128/2/file2.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/6128/ |
Daftar Isi:
- Salah satu faktor yang dapat mendukung keberhasilan pendidikan tinggi akuntansi adalah sikap dan mental mahasiswa dalam mengembalikan kepribadiannya yang dikenal dengan istilah Emotional Quatient atau kecerdasan emosional. Dari hasil survey terhadap 30 mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur angkatan 2010, diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa belum cukup memperoleh pemahaman akuntansi terhadap materi pengetahuan akuntansi sebagai hasil kegiatan belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menguji secara empiris pengaruh dari motivasi, ketrampilan social, dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, serta mengetahui mana diantara motivasi, ketrampilan sosial dan minat belajar yang berpengaruh dominan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Responden penelitian adalah mahasiswa akuntansi pada Universitas Pembangunan NAsional “Veteran” Jawa Timur angkatan 2010 dan telah menempuh mata kuliah pengantar akuntansi, akuntansi keuangan menengah, akuntansi keuangan lanjutan, auditing dan teori akuntansi, dengan jumalah responden sebanyak 66 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, sedangkan motivasi dan ketrampilan sosial tidak berpengaruh signifikan. Disimpulkan pula bahwa variable kecerdasan emosional yang berpengaruh paling dominan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur adalah minat belajar. Key word : motivasi, ketrampilan sosial, minat belajar, pemahaman akuntansi