PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, SANKSI PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI dan BANGUNAN PADA DESA MASANGAN KULON KEC. SUKODONO
Main Author: | BUDIMAN , AHMAD NOVIANTO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/6111/1/file1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/6111/2/file2.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/6111/ |
Daftar Isi:
- Dalam upaya mengoptimalkan pemenerimaan pajak pada Desa Masangan Kulon dengan cara meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan banguan. Karena dengan patuhnya wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan dapat meningkatkan penerimaan pajak bumi dan bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan pajak, sanksi pajak dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan, pada Desa Masangan Kulon. Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian yang bersifat kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak bumi dan bangunan yang berada di Desa Masangan Kulon. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara proportional sampling method, dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan pajak, sanksi pajak dan kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Saran dalam penelitian ini adalah diperlukan adanya kualitas pelayanan pajak yang baik, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak yang tinggi sehingga dengan begitu akan meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Petugas pajak harus lebih aktif dalam memberikan pelayanan kepada wajib pajak sehingga dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban membayar PBB nya. Kata kunci: kualitas pelayanan pajak, sanksi pajak, kesadaran wajib pajak, kepatuhan wajib pajak