PENGARUH MOTIVASI, KUALITAS DOSEN PENGAJAR, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR
Main Author: | ADITA , PRAMASARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/6100/1/file1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/6100/2/file2.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/6100/ |
Daftar Isi:
- Tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa dinyatakan dengan seberapa mengerti seorang mahasiswa terhadap apa yang sudah dipelajari yang dalam konteks ini mengacu pada mata kuliah akuntansi. Tanda seorang mahasiswa memhami akuntansi tidak hanya ditunjukkan dari nilai yang didapatkannya dalam mata kuliah tetapi juga apabila mahasiswa tersebut mengerti dan dapat menguasai konsep-konsep yang terkait timbul adanya kelamahan mahasiswa. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh dari motivasi, kualitas dosen pengajar, dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 73 responden yang telah menempuh mata kuliah akuntansi angakatan 2011. Sedangkan sumber data yang digunakan yaitu data primer yang berasal dari jawaban kuesioner. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel Motivasi (X), kualitas dosen pengajar (X2), dan Minat Belajar (X) secara bersama (simultan) berpengaruh nyata terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Y). Secara parsial variabel Kualitas Dosen Pengajar (X23) berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Y), sedangkan variabel Motivasi (X1) dan Minat Belajar (X) tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Y). Keyword : Motivasi, Kualitas Dosen Pengajar, dan Minat Belajar, Tingtkat Pemahaman Akuntansi