VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KOSMETIK LANCOME (Studi kasusnya pada produk kosmetik Lancome di Matahari Departemen Store Tunjungan Plaza Surabaya)

Main Author: Karina Amalia, Rifqi
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/600/1/File_1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/600/2/File_2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id
http://eprints.upnjatim.ac.id/600/
Daftar Isi:
  • Keadaan ekonomi yang semakin komplek sehingga menghendaki persaingan usaha yang sehat dan tajam, hal tersebut dapat menimbulkan pemikiran baru bagi perusahaan. Kesuksesan dalam pemasaran akan mendapat keuntungan bagi perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan. Untuk itu perusahaan harus mengetahui faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih produk sehingga menimbulkan suatu kepuasan diri konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara produk, harga, promosi. dan distribusi terhadap keputusan pembelian dalam membeli produk kosmetik Lancome. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan menggunakan produk Lancome di Matahari Department Store Tunjungan Plaza Surabaya yang berjumlah 130 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan menggunakan produk Lancome di Matahari Departemen store Tunjungan Plaza Surabaya sebanyak 98 responden. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini berasal dari jawaban kuisioner yang disebar pada 98 member Lancome di jl. Basuki Rachmat 8-12 Surabaya. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Regresi Linier Berganda yang menggunakan alat bantu komputer dengan program SPSS 13.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis I yang menyatakan bahwa produk, harga, promosi dan distribusi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dalam membeli produk Lancome teruji kebenarannya, hal ini ditunjukkan dengan besarnya nilai Fhitung (28,565) > Ftabel (2,469) dan hipotesis II yang menyatakan bahwa produk, harga, promosi dan distribusi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dalam membeli produk Lancome teruji kebenarannya. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya nilai thitung yaitu untuk variabel produk (X1), diperoleh nilai thitung (5,829) > ttabel (1,985), untuk variabel harga (X2), diperoleh nilai thitung (1,970) < ttabel (1,985), untuk variabel promosi (X3) diperoleh nilai thitung (3,597) > ttabel (1,985) dan variabel distribusi (x4) diperoleh nilai thitung (0,944) > ttabel (1,985).