ANALISIS KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA BISNIS ONLINE DI MEDIA SOSIAL (FACEBOOK DAN TWITTER) TERHADAP MINAT BELI ULANG

Main Author: Nitra, Pareatama
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/5913/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/5913/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/5913/
Daftar Isi:
  • Bisnis online (e-commerce) merupakan transaksi belanja sosial yang memiliki potensi resiko penipuan yang cukup tinggi . Oleh karena itu faktor kepercayaan konsumen terhadap vendor menjadi faktor kunci dalam ecommerce. Atas dasar pemikiran tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh variabel security control, ability dan integrity vendor e-commerce terhadap kepercayaan konsumen pada bisnis online di media sosial (Facebook dan Twitter) dan (2) menganalisis pengaruh variabel kepercayaan konsumen terhadap minat beli ulang. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel konsumen bisnis online di wilayah Surabaya Timur. Instrumen utama pengumpulan data berupa kuesioner yang diukur dengan skala likert. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Variabel security control, ability dan integrity mempengaruhi kepercayaan konsumen secara signifikan positif dan 2). Variabel kepercayaan konsumen mempengaruhi minat beli ulang secara signifikan positif. Kata-kata kunci: Securuty Control, Ability, Integrity, Kepercayaan Konsumen dan Minat Beli Ulang