PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA JUPITER-Z DI SURABAYA

Main Author: HILMAN, RIZQI AD’HA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/5894/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/5894/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/5894/
Daftar Isi:
  • Setiap perusahaan harus mampu memahami perilaku konsumen pada pasar sasarannya, karena kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen sangat tergantung pada perilaku konsumennya. Perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan, sehingga tujuan dari perusahaan tersebut dapat tercapai. Untuk menarik minat konsumen membeli produk yang ditawarkan maka dibutuhkan adanya iklan yang efektif, harga yang kompetitif dibandingkan harga yang ditawarkan pesaing, dan kualitas produk yang bermutu yang mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan dan mengarah kepada keputusan pelanggan untuk membeli suatu produk. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari pengisian kuesioner oleh konsumen sepeda motor Yamaha Jupiter-Z di Surabaya. Data sekunder yang digunakan berupa data statistik penjualan sepeda motor Yamaha Jupiter-Z. Penelitian ini menggunakan teknik non probability dengan metode accidental sampling (metode pengambilan sampel dengan memilih siapa yang kebetulan ada atau dijumpai). Untuk analisis data menggunakan metode analisis Partial Least Square (PLS). Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa : (1) Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Jupiter-Z. (2) Harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Jupiter-Z. (3) Iklan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Jupiter-Z. Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Iklan, Keputusan Pembelian.