ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA JUPITER MX DI SURABAYA

Main Author: Cendy, Stefanus Pauran
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/5874/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/5874/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/5874/
Daftar Isi:
  • Pada era globalisasi persaingan dunia usaha semakin kompetitif yang berakibat setiap perusahaan untuk menjadi pemenang dalam memasarkan produknya. Seiring dengan semakin bertambahnya populasi manusia, berkembangnya teknologi yang semakin canggih, sangat berpengaruh kepada pemenuhan kebutuhan terutama kebutuhan transportasi, khususnya kendaraan roda dua atau sepeda motor. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri otomotif yaitu produk Yamaha Jupiter MX yang memiliki keunggulan dan ciri khas tersendiri dibanding kendaraan jenis lainnya. Sepeda motor Yamaha Jupiter MX cukup diminati konsumen karena memiliki keistimewaan yaitu pendingin mesin dan mesin 135cc yang baik sehingga mampu meraih pangsa pasar yang luas, tetapi selama beberapa tahun terakhir ini Yamaha Jupiter MX mengalami penurunan dan perlu melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada sepeda motor merek Yamaha Jupiter MX di Surabaya. Teknik pengumpulan data adalah dengan penyebaran kuisioner kepada para pemilik dan pemakai sepeda motor Yamaha Jupiter MX di Surabaya. Teknik penentuan sampel yaitu karena ada 11 indikator maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah (11x6=66), maka sampel yang digunakan sebesar 66 responden. Metode penelitian ini menggunakan Metode Sampling Aksidental, yaitu penentuan sampel berdasarkan siapa saja yang secara kebetulan bertemu dapat dijadikan sebagai sumber data. Pada tahap analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis partial least square (PLS) untuk membantu pengujian model ini. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel kualitas produk tidak memiliki pengaruh (positif) dan variablel harga memiliki pengaruh (positif) terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Jupiter MX di Surabaya. Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian