PERLINDUNGAN HAK-HAK KONSUMEN DALAM PELAYANAN AIR BERSIH PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN
Main Author: | BUDI , ROMADHONA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/5536/1/file1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/5536/2/file2.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/5536/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perlindungan hak-hak konsumen di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dan upaya penyelesaian gugatan terhadap kelalaian pelayanan yang dilakukan oleh PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dan pendekatan masalahnya melalui penelitian kepustakaan, penelitian wawancara di lapangan. Bahan sebagai acuan adalah data kusioner para pelanggan/konsumen. Bahwa dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan hak-hak konsumen yang masih belum tercapai adalah hak untuk mendapatkan pembinaan dan pendidikan konsumen. Kendala-kendala yang dihadapi dalam perlindungan konsumen adalah kendala rendahnya kesadaran konsumen dalam mempertahankan hak-haknya dan kendala kurangnya pengawasan serta pembinaan dari lembaga terkait. Menurut penulis kelalaian yang terjadi adalah kurangnya pengawasan lapangan dalam pengecekan. pipa distribusi dan pipa air yang sudah berkarat sehingga timbul kekeruhan pada air. Permasalahan antara pihak konsumen pelanggan dengan pihak PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dapat ditempuh melewati jalur damai musyawarah yaitu langsung datang ke costumer service, bisa juga menempuh jalur non litigasi yaitu melalui cara negosiasi dan mediasi yang berdasarkan kesepakatan para pihak dan saling menguntungkan para pihak. Dan bisa juga menempuh jalur hukum. Namun menurut penelititan belum ada konsumen yang melakukan gugatan ke pengadilan. Kata Kunci : Perlindungan, konsumen, air bersih.