PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN TERHADAP REAKSI INVESTOR STUDI PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Author: Desi , Saraswati
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/5372/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/5372/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/5372/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Reaksi Investor. Corporate Social Responsibility merupakan aktivitas perusahaan dalam mencapai keseimbangan atau integrasi antara aspek ekonomi, lingkungan dan sosial tanpa mengesampingkan ekspektasi para pemegang saham (menghasilkan profit). Dalam penelitian ini, Reaksi investor diukur dengan menggunakan Abnormal Return dan Volume Perdagangan Saham. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2012 dan mempublikasikan laporan tahunannya melalui website www.idx.co.id. Data dikumpulkan dengan metode purposive sampling. Terdapat 11 hingga 12 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian ini. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini tidak berhasil membuktikan kedua hipotesis penelitian yaitu Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap Abnormal Return dan Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap Volume Perdagangan Saham. Hal tersebut menunukkan bahwa Corporate Social. Kata-kata kunci: Corporate Social Responsibility, Reaksi Investor, Abnormal return, Volume Perdagangan Saham.