MOTIF PENGGUNAAN TV BERLANGGANAN INDOVISION DI SURABAYA (Studi Deskriptif Kualitatif Motif Penggunaan Tv Berlangganan Indovision Di Surabaya)

Main Author: ANGEL , PUSPAINDAH SASONGKO
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/5279/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/5279/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/5279/
Daftar Isi:
  • Semakin meningkatnya revolusi kemajuan teknologi, seiring akan meningkatnya kebutuhan informasi dan hiburan dimasyarakat, munculah teknologi di dunia pertelevisian salah satunya adalah tv berlangganan satelit. Pionner tv berlangganan satelit adalah Indovision. Dalam berlangganan TV berlangganan satelit indovision, para pengguna dikenakan sejumlah biaya sesuai paket pilihan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah TEORI MOTIF KEBUTUHAN (Winkle Anwar), TEORI INFORMASIONALISME (Castells) DAN MASYARAKAT JARANGAN (Marshal Mc Luhan). Dalam teori ini castells memeriksa kemunculan masyarakat, kultur, dan ekonomi baru dari sudut pandang revolusi teknologi informasi (televisi, computer, dan sebagainya). Dan juga menggunakan TEORI DETERMINASI TEKNOLOGI yaitu penggolongan kemajuan era kehidupan manusia dari zaman ke zaman, hingga pada era elektronik, yang menjelaskan bahwa teknologi media membentuk individu bagaimana cara berfikir dan berperilaku dalam masyarakat. Teknologi tersebut akhirnya mengarahkan manusia untuk bergerak dari satu abad teknologi ke abad teknologi lain. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian motif deskriptif kualitatif , dengan menggunakan metode in depth interview (wawancara mendalam). Dua dari ke-empat informan dalam penelitian ini motif menggunakan tv berlangganan indovision di Surabaya adalah untuk hal movies(cinema-HBO), News (CNN) dan dua lagi diantaranya adalah untuk hal entertainment (Starworld & E! Entertaiments), Variety (Music-MTV).