Pengaruh Shared Values, Communication Dan Opportunistic Behavior Control, Terhadap Trust Dan Dampaknya Pada Customer Loyalty Sistem E-Commerce Di Surabaya

Main Author: Wisnu , Triastomo
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/524/1/File_1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/524/2/File_2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id/
http://eprints.upnjatim.ac.id/524/
Daftar Isi:
  • Internet merupakan media yang paling ekonomis untuk digunakan sebagai basis sistem informasi. Hubungan antar komputer di internet dilakukan dengan menghubungkan diri ke link terdekat, sehingga hubungan fisik biasanya bersifat lokal. Perangkat lunak untuk mengembangkan sistem informasi berbasis internet secara murah dan bahkan gratis. Dalam transaksi ekonomi terdapat interaksi antara penjual dengan pembeli untuk memperkuat hubungan jangka panjang antara penjual dan pembeli begitu juga dalam transaksi e-commerce, pihak perusahaan berusaha untuk membangun dan menjaga hubungan atau ikatan jangka panjang dengan pelanggannya. Dalam e-commerce, adanya pemisahan secara fisik antara perusahaan dengan konsumennya dan tidak adanya interaksi secara fisik antara konsumen dengan karyawan perusahaan dalam e-commerce menyebabkan situasi yang unik, sehingga kepercayaan dari konsumen adalah yang terpenting bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk Menguji dan membuktikan serta menganalisis pengaruh shared values, communication, opportunistic behavior control, terhadap trust serta dampaknya terhadap customer loyalty pada sistem e-commerce. Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Variabel penelitian adalah shared values (X1), communication (X2), opportunistic behavior control (X3), trust (Y) dan customer loyalty (Z). Populasi penelitian adalah orang yang menggunakan sistem e-commerce di Surabaya, dengan jumlah sampel yang sudah ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 130 responden. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa shared values, communication dan opportunistic behavior control berpengaruh positif signifikan terhadap trust dan trust berpengaruh posirtif dan signifikan terhdap customer loyalty sistem e-commerce di Surabaya terbukti dan dapat diterima kebenarannya.