ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO, LEVERAGE DAN FIRM SIZE TERHADAP PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Author: Lia , Wijayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/517/1/File_1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/517/2/File_2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id/
http://eprints.upnjatim.ac.id/517/
Daftar Isi:
  • Dengan semakin ketatnya persaingan bisnis antar perusahaan, perusahaan berupaya menjadi yang terbaik dari perusahaan lain. Semkin tiggi tingkat pertumbuhan perusahaan menunjukkan semakin bagus prospek perusahaan dimasa yang akan datang. Pada umumnya investor menyukai perusahaan yang besar karena memiliki kinerja bagus tetapi dalam melakukan investasi investor seharusnya memperkirakan apakah perusahaan yang besar mampu memenuhi kewajiban finansial jangka pendeknya dan seberapa jauh perusahaan menggunakan leverage dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Sebab penggunaan leverage yang besar juga menimbulkan resiko yang besar pula dan Price Earning Ratio banyak digunakan investor untuk menentukan apakah investasi modal yang dilakukannya menguntungkan atau merugikan. Atas dasar fenomena tersebut maka penelitian ini bermaksud untuk meneliti mengenai pengaruh Current Ratio, Leverage dan Firm Size terhadap Price Earning Ratio pada perusahaan makanan dan minuman yang go public di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang go publik di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu bahwa pengambilan sampel dilakukan atas dasar tujuan tertentu, maka jumlah sampel perusahaan makanan dan minuman yang memenuhi kriteria sebanyak 10 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari data laporan keuangan periode 2005-2008 yang diambil dari Bursa Efek Indonesia. Sedangkan untuk pengujian data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan asumsi klasik menggunakan program SPSS. Hasil penelitian melalui analisis uji regresi linear berganda diperoleh kesimpulan bahwa variabel Current Ratio, leverage tidak signifikan (Negatif) sedangkan Firm Size tidak sigmifikan (Positif) terhadap price earning ratio.