TINGKAT PENGETAHUAN CALON IBU RUMAH TANGGA TERHADAP IKLAN LAYANAN MASYARAKAT KELUARGA BERENCANA versi “Ibu Rumah Tangga” di media Televisi (Studi Deskriptif Tingkat Pengetahuan Calon Ibu Rumah Tangga Terhadap iklan layanan Masyarakat Keluarga Berencana versi “Ibu RumahTangga” di media Televisi)

Main Author: Christanio , Pradana P
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/5049/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/5049/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/5049/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan calon ibu rumah tangga terhadap iklan layanan masyarakat keluarga berencana versi “ibu rumah tangga”. Teori yang digunakan dalam teori ini adalah teori S-O-R. Teori komunikasi S-O-R adalah singkatan dari Stimulus-Organisme-Respon. Stimulus sendiri berarti pesan diantara dua unsur komunikasi yaitu komunikator dan komunikan. Komunikator memberikan pesan berupa tanda dan gambar kepada komunikan. Organisme berarti diri komunikan sebagai penerima tanda lambang maupun gambar. Kemudian komunikan merespon dengan cara memperhatikan dan memahami pesan yang disampaikan.selanjutnya respon diartikan efek sebagai akhir dalam proses komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis deskriptif. Penyebaran kuesioner kepada 100 responden dilakukan dengan teknik sample multistage sampling untuk mengetahui tinggi, sedang, rendah, tingkat pengetahuan calon ibu rumah tangga terhadap iklan KB versi “ibu rumah tangga”. Kesimpulan dari hasil penelitian tingkat pengetahuan calon ibu rumah tangga tentang iklan layanan masyarakat KB versi “ibu rumah tangga” di televisi adalah sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan sedang artinya responden mengetahui unsur iklan dalam iklan KB versi “ibu rumah tangga” tetapi belum memahami secara keseluruhan makna dari iklan tersebut.