BEBERAPA FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Author: Angga , Yudistira Prayitna
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/468/1/File_1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/468/2/Fie_2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id/
http://eprints.upnjatim.ac.id/468/
Daftar Isi:
  • Perataan laba merupakan suatu cara pengukuran selama periode tertentu yang mengarah pada tingkat yang diharapkan atas laba yang dilaporkan. Manajemen melakukan perataan laba untuk menciptakan aliran laba yang stabil. Perataan laba dilakukan oleh para manajer untuk mengurangi fluktuasi dari laba yang dilaporkan, serta meningkatkan kemampuan investor untuk meramalkan kas dimasa yang akan datang. Pada intinya, perataan laba diharapkan bisa memberi pengaruh yang menguntungkan bagi nilai saham serta penilaian kinerja manajer. Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan terhadap perataan laba; untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap perataan laba; untuk mengetahui pengaruh leverage operasi terhadap perataan laba. Pengambilan sampel penelitian ini yaitu pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan metode purposive sampling atau berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebanyak 10 perusahaan otomotif. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang disesuaikan dengan metode penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perataan laba, sedangkan profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perataan laba, begitu juga dengan leverage operasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perataan laba.