PENGARUH PERILAKU BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP STRES KULIAH PADA MAHASISWA AKUNTANSI UPN “VETERAN” JAWA TIMUR

Main Author: RIZKIE , AINUR RACHMAN
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/4636/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4636/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4636/
Daftar Isi:
  • Stres banyak digunakan untuk menjelaskan tentang sikap atau tindakan yang dilakukan apabila menghadapi suatu tantangan dalam hidup dan ketika gagal memperoleh respon dalam mengahadapi tantangan itu. Terjadinya proses stres didahului oleh adanya sumber stres (stresor) yaitu setiap keadaan yang dirasakan orang mengancam dan membahayakan dirinya. Stres adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berfikir dan kondisi seseorang. Stres yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan atau kondisi seseorang dalam menghadapi lingkungan. Variabel dalam penelitian ini adalah Perilaku Belajar (X1), Kecerdasan Emosional (X2), Lingkungan Belajar (X3) dan Stres Kuliah (Y). Sampel peneltian ini adalah 65 Mahasiswa Strata satu (S1) program studi akuntansi UPN “Veteran” Jawa Timur Angkatan Tahun 2010 yang menempuh studi dan tidak cuti kuliah. Data yang digunakan adalah data Primer. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Lingkungan Belajar memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi UPN “Veretan” Jawa Timur. Kata Kunci : Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Lingkungan Belajar, dan StressKuliah Hak Cipta