PENGARUH PERILAKU BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP STRES KULIAH MAHASISWA AKUNTANSI (Studi kasus pada mahasiswa akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)

Main Author: RAHMAT , ADITYA NUGROHO WIBOWO
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/4633/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4633/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4633/
Daftar Isi:
  • Perilaku belajar merupakan dimensi belajar yang dilakukan individu secara berulang – ulang sehingga menjadi otomatis dan spontan. Dan kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Sedangkan stress kuliah adalah suatu keadaan tertekan, baik secara fisik maupun psikologis mahasiswa akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 angkatan 2009 yang berjumlah 146 mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan teknik simple random sampling yaitu tenik pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi ini. Data yang dipergunakan adalah data primer. Sedangkan teknik analisis yang dipergunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda. Hasil analisis kemudian di analisis dengan uji asumsi klasik, uji F, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku belajar dan kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap stress kuliah para responden. Perilaku belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap stress kuliah, sedangkan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap stress kuliah. Kata kunci : Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Stres Kuliah